Menghemat BBM dengan Brown Energy


Naiknya harga BBM membuat masyarakat menjadi lebih kreatif memanfaatkan bahan-bahan yang dapat menghasilkan sumber energi alternatif atau sekedar untuk mengurangi pemakaian (menghemat) BBM. Salah satunya adalah seperti yang ditayangkan dalam Liputan 6 SCTV berikut ini.

Mahalnya harga bahan bakar minyak membuat orang berpikir keras untuk menciptakan alat yang bisa menghemat konsumsi BBM. Baru-baru ini, seorang ilmuwan bernama Poempida Hidayatullah mengklaim menemukan alat penghemat BBM yang disebut Brown Energy. Dengan alat ini, konsumsi BBM kendaraan bisa dikurangi 30 sampai 50 persen.

Brown Energy diakui sebagai teknologi baru untuk menghemat bahan bakar yang bisa diciptakan sendiri. Alatnya relatif sederhana. Hanya terdiri dari sebuah toples serta rangkaian kawat elektroda dan kumparan magnet. Bahan bakunya hanya terdiri dari air dan baking soda.

Menurut sang penemu, air dan baking soda yang dimasukkan ke dalam toples akan menghasilkan gas disebut Brown Energy. Energi ini kemudian dialirkan ke aki dan karburator atau ruang bakar kendaraan sehingga bisa menaikkan oktan BBM. Sang penemu mengaku telah mencoba alat ini. Hasilnya kendaraan 1.500 cc hanya menggunakan lima liter premium untuk menempuh jarak Jakarta-Puncak.(YNI/Anastasya Putri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s