Optimisme Indonesia Baru


Tepat 100 tahun atau seabad yang lalu, Boedi Oetome didirikan. Hari lahirnya Boedi Oetomo ini setiap tahun diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia. Bagaimanakah kita sebagai rakyat Indonesia memaknai Hari Kebangkitan Nasional pada tahun ini?

Opinions alter, manner change, creeds rise and fall, but the moral law are written on the table of eternity (opini berubah, tata cara kehidupan berganti,keyakinan muncul dan tenggelam, tetapi hukum-hukum moral telah ditulis di atas meja keabadian).

Kata-kata Lord Acton di atas pantas untuk direnungkan di tengah suasana bangsa kita yang sedang memaknai 100 Tahun Kebangkitan Nasional.Apa yang menjadi substansi dari kalimat Lord Acton itu adalah bahwa kredo dari sebuah moral bangsa tidak boleh berubah meski dalam proses perjalanan bangsa hal itu muncul dan tenggelam seiring dengan pergolakan sejarah yang diciptakan oleh setiap tokoh yang berbeda zaman. Setiap tokoh pada zamannya telah membuat perubahan.

Perbedaannya,perubahan yang ditorehkan setiap tokoh tidak bergaris simetris atau berestafet secara benar sehingga arah tujuan bangsa tidak segera sampai pada sasaran yang diharapkan.Pertanyaan kita, sampai di mana proses perjalanan bangsa ini? Apakah masih di garis start, di tengah, atau sudah sampai pada garis finis? Atau bahkan menyimpang dari trek? Pertanyaan-pertanyaan sederhana tersebut tidak gampang menjawabnya karena yang diperlukan bukan sekadar jawaban parsial, beretorika,atau menggunakan data-data sumir. Baca selengkapnya disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s